5 Jenis Pisang Terenak Di Dunia

Pisang merupakan buah yang sangat mudah di jumpai di seluruh dunia. Terdapat seribu lebih jenis pisang yang tersebar di dunia.

Ada orang yang meamakan pisang secara langsung, adapula yang mengolah makanan yang satu ini. kandungan Karbohidrat dalam pisang terhitung tinggi, sehingga ada yang memasukkan pisang sebagai menu diet sehari-hari.

Di bawah ini akan dibahas mengenai jenis-jenis pisang terenak di dunia. Berikut ulasannya.

Blue Java Ice Cream

Sesuai dengan namanya, pisang ini memiliki warna kebiruan dan rasa yang mirip dengan ice cream pisang. Tapi jangan salah meskipun ada nama Java pada pisang ini, pisang ini tidaklah berasal dari Jawa.

Pisang ini berasal dari Hawaii yang telah ditanam oleh petani di sana mulai dari tahun 1920.

Blue Java Ice Cream dapat tumbuh di tempat yang memiliki iklim tropis cenderung dingin.

Manzano/Apple

Satu lagi pisang yang banyak tumbuh di Hawaii adalah pisang Manzano. Pisang ini memiliki rasa yang segar dan manis layaknya buah apel, sehingga pisnag ini disebut juga dengan Candy Apple Banana.

Pisang ini pun banyak ditanam di Asia Tenggara. Di Indonesia pisang yang satu ini dikenal dengan nama pisang raja sereh dan Filipina mengenalnya dengan nama Latunda.

Cavendish

Pisang yang satu ini berasal dari daratan Amerika Serikat dan merupakan jenis pisang  yang paling umum dijumpai di sana. Memiliki bentuk yang cukup besar dengan tektur lembut dan rasa yang manis.

Pisang Cavendish sama dengan pisang Williams. Jika berkunjung ke Amerika Serikat anda dapat dengan mudah menemukan pisang Cavendish ini di supermarket-supermarket yang ada di negeri paman Sam tersebut.

Senorita

Di Indonesia, pisang ini dikenal dengan nama pisang Lampung dan Malaysia dikenal dengan nama Empat Pulu Hari. Pisang Senorita aslinya berasal dari negara Filipina.

Senorita relatif memeiliki ukuran kecil jika dibandingkan dengan pisang-pisang lainnya. Memiliki aroma khas dan dapat di konsumsi secara langsung, pisang ini jarang diolah untuk dijadikan bahan masakan.

Merah Kuba

Pisang asli Asia Tenggara disebut juga pisang susu merah di Indonesai memiliki rasa yang seperti krim dan tektur yang lembut. Pisang ini dapat dijadikan menjadi makanan penutup atau dapat diolah dengan cara digoreng atau dipanggang.

Uniknya, jika kebanyakan pisang matang akan berwarna kuning, pisang ini pada saat matang akan berwarna merah tua gelap dan daging buah akan berwarna jingga pucat serta memiliki bau yang enak. Terdapat pula kandungan vitamin c dan beta karoten tinggi yang dimiliki pisang Merah Kuba.

Nah, itulah 5 jenis pisang yang paling terkenal di Dunia. Dari kelima pisang tersebut, manakah yang pernah anda coba?