Jadwal Baru Piala AFF 2020

PSSI: Piala AFF 2020 Batal Diselenggarakan

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) telah mengumumkan jadwal baru Piala AFF 2020, karena pandemi virus corona yang belum kunjung reda menjadikan jadwal baru Piala AFF 2020 terpaksa ditunda ke tahun depan. Mereka mengumumkan akan diselenggarakan mulai 11 April hingga 8 Mei tahun depan, yang pada awalnya edisi ke-13 ini dijadwalkan pada November-Desember tahun ini.

“Keputusan terbaru ini diambil dengan niat kuat untuk menggelar Kejuaraan dalam format penuh – dimainkan di kandang dan tandang di negara-negara kualifikasi di Asia Tenggara – asalkan kondisi yang berkaitan dengan Covid-19 memungkinkan (itu),” AFF mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Jumat yang dilansir oleh berita terhangat.

                1. Tempat Pelaksanaan

Pada awalnya sempat direncanakan bakal digelar secara terpusat di Vietnam, namun belum ada info atau pengumuman lebih lanjut tentang pelaksanaan Piala AFF. Edisi 2018 menghapus format negara tuan rumah, dengan tim memainkan pertandingan penyisihan grup di kandang dan tandang secara bergantian, dan tahap semi-final dan final juga diadakan di kandang dan tandang. Vietnam menyatakan keinginan mereka untuk menjadi tuan rumah turnamen tahun ini dari awal hingga akhir karena negara ini sukses menanggulangi Covid-19 yang memiliki 370 kasus serta tidak ada kematian.

                2. Negara yang Tampil di Piala AFF

Dikutip dari berita AFF, untuk negara yang bakal tampil jumlahnya ada sembilan tim masuk fase grup atau fase final, sementara satu slot sisa diperebutkan oleh dua tim dengan peringkat terendah AFF, Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sembilan negara yang akan tampil pada Piala AFF, yaitu Vietnam (juara bertahan), Malaysia (posisi dua 2018), Filipina (semi-finalis 2018), Thailand (semi-finalis 2018), Myanmar, Singapura, Kamboja, Indonesia, Laos, dan Timor Leste atau Brunei Darussalam. 

                3. Peraturan Kompetisi

AFF mengumumkan persetujuan beberapa perubahan aturan pada kompetisi sebagai persiapan edisi 2020 pada bulan Juni lalu. Tim akan diizinkan untuk mendaftarkan 70 pemain di skuad sementara mereka, yang pada awalnya hanya 50 pemain. Skuad akan dihuni 30 pemain dari 23, sedangkan skuad pada hari pertandingan akan memasukkan 23 pemain.